Minggu, 06 November 2016

PENGINAPAN RECOMMENDED DI KARIMUNJAWA?

Siapa sih yang nggak tahu Karimunjawa? Yes, ini adalah sebuah nama gugusan kepulauan di utara Pulau Jawa.  KepulauanKarimunjawa terdiri atas 40 pulau besar dan pulau kecil yang terletak di utara Pulau Jawa dengan jarak sekitar 100 km dari ibukota Provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang dan 90 km sebelah barat laut ibukota kabupaten Jepara. Dari 40 pulau itu, terdapat 2 pulau utama yang sering dijadikan tujuan bermalam para turis, yaitu Pulau Kemujan dan Pulau Karimunjawa. Jadi, dua pulau ini adalah dua pulau yang memiliki luasan paling besar dibandingkan pulau-pulau lain dan bisa dibilang adalah pusat permukiman di Kepulauan Karimunjawa.

Pulau Kemujan terletak di sisi utara dan Pulau Karimunjawa terletak di sisi selatan. Meskipun terletak berdekatan dan hanya dipisahkan oleh jembatan tak lebih dari 100 meter, kedua pulau ini memiliki banyak hal berbeda. Pulau Kemujan didominasi oleh penduduk dari Suku Bugis dan Madura, sedangkan Pulau Karimunjawa didominasi oleh penduduk dari Suku Jawa. Pulau Kemujan dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi mangrove yang tak boleh ada aktivitas lain di dalam hutan mangrove, sedangkan Pulau Karimunjawa lebih dimanfaatkan sebagai kawasan budidaya. Pulau Kemujan merupakan jalan masuk akses utama transportasi udara (pesawat lewat bandara), sedangkan Pulau Karimunjawa merupakan jalur masuk utama transportasi laut (kapal lewat pelabuhan) Tapi, kedua-keduanya memiliki kesamaan. Yaitu, memiliki pilihan penginapan yang tak kalah menarik satu sama lain.

Bedanya, penginapan di Pulau Kemujan terkesan lebih eksklusif dan tenang dengan arsitektur bangunan yang juga artistik dan nyaman. Kalau yang berduit banyak dan butuh ketenangan yang menenteramkan sih, lebih suka menginap di Pulau Kemujan. Sementara penginapan di Pulau Karimunjawa, lebih ramai. Mungkin karena merupakan pusat pemerintahan kecamatan juga. Bagi turis yang ingin menghemat sedikit biaya penginapan, lebih baik booking tempat di Pulau Karimunjawa.

Lalu penginapan mana sih di Pulau Karimunjawa yang menurut saya recommended?

Okay. Please welcome to: FIRZAH HOMESTAY!
Salah Satu Sudut Homestay Firzah


Apa aja sih yang bikin betah tinggal di Firzah Homestay? Mari simak uraian di bawah ini:

1. Kamarnya ada banyak.
Jumlah kamar semuanya ada lebih dari 10 kamar. Ada kamar yang berisi 2 orang, 3 orang, sampai 4 orang. Tidak hanya itu saja, kamarnya menghadap ke luar sehingga bisa menghirup udara segar pagi hari sampai malam hari. Kalau mau jemur baju juga ada lahan buat jemur baju (cat: ini penting buat saya yangsekarang kalau ke mana-mana lebih suka bawa baju sedikit dan prefer nyuci-jemur-kering-pakai kalau memungkinkan). Kamar mandinya? Kamar mandinya kamar mandi dalam.

2. Ada tempat buat ngobrol enak.
Firzah cocok dipakai untuk kuliah lapangan atau field trip lapangan. Mengapa? Karena homestay ini memiliki tempat yang luas untuk diskusi, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Di dalam rumah, disediakan ruangan cukup luas yang kira-kira bisa menampung 20 – 30 orang di dalamnya. Sementara, di luar, tersedia bangku-bangku yang dipasangi payung di atasnya. Tempat yang nyaman untuk makan, berbagi pikiran, dan berbagi kebahagiaan. Oh iya, kadang jadi tempat nonton bersama. Nonton bola atau nonton badminton di layar kaca yang disediakan di luar.

3. Ssst, Ada WiFinya!
Tampaknya sekarang ini, kemudahan akses terhadap informasi via internet adalah kebutuhan yang sulit dielakkan, meskipun kita sedang ada di pulau kecil. Untungnya, Karimunjawa memiliki fasilitas lengkap berupa listrik 24 jam dan jaringan telekomunikasi yang cukup memadai untuk sebuah ukuran pulau kecil. Dan ketersediaan WiFi seakan surga bagi orang-orang ysng terbiasa hidup eksis.

4. Dekat Dengan Alun-Alun, Pelabuhan, dan Tempat Penting Lainnya
Tidak hanya wisata panorama yang menarik, Pulau Karimunjawa juga menyediakan kebahagiaan bagi mereka yang ingin menikmati wisata kuliner malam di alun-alun kecamatan. Jarak Firzah dengan alun-alun hanyalah terpisah oleh dua buah perempatan. Selain itu lebih dekat juga dengan pelabuhan. Jarak pelabuhan - penginapan tidak lebih dari satu kilometer. Jadi para pengunjung yang masih punya keinginan kuat untuk jalan serta ingin menghemat biaya carter mobil yang harganya cukup tinggi di sana, mending jalan! Badan sehat, penginapan pun ku dapat!

Jadi, di mana sih letak Firzah Homestay ini? Tenang saja, lokasinya sudah tercantum di google map kok. Lalu budgetnya berapa menginap di sini? Kalau lebih memilih kamar dengan fasilitas AC, tentu saja lumayan mahal bagi kantong mahasiswa. Kisaran 250ribu sampai 400ribu rupiah per kamar per malam (tergantung jumlah bed). Tapi, kalau sudah sangat merasa cukup dengan fasilitas kipas angin, tentu saja harganya lebih miring, sekitar 100ribuan sampai 200ribuan per kamar per malam.

Overall, saya sih merasa nyaman selama menginap di Firzah Homestay. Kalau kamu?
Oh iya bisa juga lho cari penginapan lain lewat SINI

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.