Jumat, 28 Oktober 2016

4 Alasan Kenapa Kita Harus Punya Binatang Piaraan

Apa pentingnya sih miara hewan? Kan bikin capek? Dari pada miara hewan, duitnya habis buat ngasih makan mereka mending buat shopping kan? Atau ditabung gitu duitnya?

Buat kamu yang masih punya pikiran seperti itu, ternyata memelihara binatang piaraan itu banyak manfaatnya lho... 

1. Teman refreshing
Pulang-pulang dari sekolah/kuliah/kerja yang kadang bikin mikir dan bikin penat terus kamu disambut hewan piaraanmu yang lucu-lucu, rasanya bisa bikin pikiran fresh lagi. Coba lihat tingkah mereka yang lucu-lucu, kadang nyebelin, kadang ngegemesin. Apalagi buat kamu yang jomblo dan nggak punya temen di rumah atau di kosan, punya binatang piaraan adalah salah satu pilihan yang mampu menyelamatkanmu dari sepinya hari-hari yang kamu lalui *sad*

Satu lagi. Mereka juga bisa jadi tempat curhat loh. Ya walaupun mereka nggak paham apa yang dicurhatin, setidaknya mereka nggak bakal ngomelin kamu atas sesuatu yang kamu curhatin.
Kucing lucu
source kartun.muslimah

2. Mengurangi makanan yang terbuang sia-sia
Sering kan kita makan nggak habis? Atau nggak doyan sama makanan di hadapan kita karena tiba-tiba kehilangan selera makan? Atau kita udah terlanjur masak banyak tapi nggak ada yang ngehabisin makanan?

Binatang piaraan kita akan dengan senang hati menghabiskannya. Mereka kenyang, kita juga nggak terlalu merasa bersalah karena buang-buang makanan yang masih ada banyak berkah di dalamnya. Terutama ayam atau bebek, apa aja dah mereka makan.

Anak susah makan
source: katalogibu.com

3. Bisa jadi bentuk sedekah
Pernah denger hadits ini?

Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang,maka baginya sebagai sedekah. (HR Bukhari, Muslim)
Jadi, masih berpikir kalau memelihara hewan itu adalah kurang kerjaan dan kesia-siaan belaka?
Hmm, sebenarnya tergantung sudut pandang dan niat juga sih. Kalau miara hewan cuma buat bangga-banggaan sama pamer mending jangan. Kasihan mereka.

sedekah kambing
source: bandung.bisnis.com


4. Melatih kesabaran

"Aduuuh pus! Kenapa pub sembarangan?! Ini habis dipeel!"

Pernah nggak seperti itu?

"Akuariumnya sama kandangnya udah kotor. Oh Tuhan, aku sedang lelah kalau harus bersihin sekarang."

Nah lho.. pernah seperti itu juga?

Maka bersabarlah. Miara hewan itu bukan cuma senang-senangnya aja yang dipikirin. Kamu harus dengan senang hati merawat, memperhatikan, dan menyayangi binatang piaraan kamu dan jangan pernah menelantarkannya. Kamu harus sabar sama tingkah lakunya yang kadang bikin jengkel atau kadang raurus. Yakin aja, setiap apa yang kita kerjakan dengan niat ibadah pasti ada pahalanya.

source: nasyid-madani.wordpress


So, selamat melalui hari-hari dengan hewan-hewan lucu di rumahmu ya!


Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.