Jumat, 08 Juli 2016

JANGAN INGIN

Jangan ingin dilihat
Jangan ingin diketahui
Jangan ingin dipuji

Tiga hal yang ditekankan oleh Aa Gym dalam salah satu muhasabah beberapa bulan lalu di Masjid Kampus silam. Bagaimana agar hidup ini berasa tenang. Kebetulan yang bukan kebetulan saya berada di sana saat itu. Tiga kalimat yang membuat saya langsung menghapus semua akun sosial media pribadi saya: Line, BBM, Instagram, Facebook, Path. Tidak semuanya sih. Saya masih menyisakan whatsapp yang kadang-kadang aktif. Juga blog ini, yang sekarang lebih sering saya isi untuk mengingatkan diri sendiri. Jangan jatuh ke lumpur yang sama lebih dari dua kali. Sekali lagi saya mengulangi kesalahan yang sama, berarti saya yang salah, dan saya yang bodoh. Setidaknya berusaha dulu. Hasilnya kemudian. Walaupun kadang susah juga sih nggak punya media sosial yang ngehits di jaman sekarang, padahal sebelumnya bisa dibilang saya adalah salah satu aktivis media sosial dan telah membangun topeng dari sana. Aslinya? Man! Saya nggak pernah sebaik dan semengagumkan apa yang tertulis dan terupdate di berbagai media sosial yang pernah ada.

Berubah menjadi orang baik? Tidak semudah yang dibayangkan. Memang bener ya kalau Allah menjadikan manusia menyukai apa-apa yang bisa menggelincirkan kita ke api neraka, dan menjadikan manusia tidak menyukai apa-apa yang bisa membuat kita selamat setelah kita mati. Apalagi saya wanita, salah satu sumber fitnah akhir zaman. Kudu kenceng genggamannya. Kudu dobel-dobel usahanya. Longgar sedikit genggamannya, sudah lah. Wassalam! L

Jangan ingin diketahui, jangan ingin dipuji. Walaupun Anda memang sudah terkenal, tetap miliki sifat yang tak ingin dilihat dan tak ingin diketahui. Saya bukan orang terkenal. Namun sedikit-sedikit saya merasakan, tenang juga ya hidup tanpa pakai topeng. Tenang juga ya, menjalani realita kehidupan yang sudah seperti permainan yang tak tahu kapan waktu game overnya ini. Tidak bisa sepenuhnya tenang memang, karena saya bukan sufi. Proses menuju-Nya itu selalu tak pernah mudah. Maka bersemangatlah!

Source @kartunmuslimah 


Kamar Inspirasi
H+3 Lebaran
Selepas Shubuh

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.