Jumat, 19 Februari 2016

Sudah Siapkah? Mulai Tanggal 21 Februari, Kantong Plastik Belanjaan Tidak Gratis!



Mulai tanggal 21 Februari 2016, Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) bersepakat untuk melakukan uji coba penerapan kantong plastik berbayar di jaringan retail modern. Rencananya penerapan akan dilakukan di beberapa kota. Kota-kota tersebut adalah: Bandung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, Jayapura, Banda Aceh, Tangerang Selatan, Pekanbaru, Yogyakarta, Kendari dan Malang.

Mengapa kebijakan ini diterapkan? 
Alasannya, Indonesia menduduki peringkat 2 dunia penyumbang sampah plastik ke laut. Kasihan ikan-ikan dan penghuni laut lain kan, kalau peringkatnya semakin naik? Selain itu, orang Indonesia memakai 100 milyar plastik setiap tahunnya. Sebagaian besar akhirnya dibuang menjadi sampah di laut maupun di darat. Sementara, kantong plastik sendiri susah terurai di dalam tanah. Sehingga jika dengan jumlah sebanyak itu sebagian besar hanya menjadi sampah, artinya kita turut andil menjadi pencemar lingkungan. Kemudian diterapkanlah Polluter Pays Principle, yaitu prinsip dimana konsumen membayar dampak negatif terhadap lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan.

Diberlakukannya kebijakan ini juga sesuai dengan peraturan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) yang ditargetkan akan terbit pada tanggal 6 Juni 2016 setelah sebelumnya KLHK melakukan survey di mana 82,7 % responden setuju tentang kebijakan pengurangan kantong plastik ini

Beberapa negara lain yang sudah menerapkan kebijakan semacam ini sudah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Sebut saja Inggris dan Amerika yang berhasil mengurangi sebanyak lebih dari 70% sampah plastik dalam kurun waktu 1 tahun saja. Semoga saja ya, Indonesia juga bisa mendapatkan hasil memuaskan seperti kedua negara tersebut. 

Apa yang bisa kita lakukan?
Sebagai konsumen yang baik, kita dihimbau untuk membawa kantong belanja sendiri kalau tidak mau membayar untuk setiap kantong plastik yang kita gunakan setelah belanja. Belum ada penetapan harga secara pasti tentang besaran harga kantong plastik. Diperkirakan besaran harga sekitar Rp 200 - Rp 2.000 per lembar plastik selama masa uji coba, dan akan dikaji ulang setelah masa uji coba berlangsung. Sayang juga kan, kalau mau beli kantong plastiknya jika hanya untuk dibuang saja.

Sebagai konsumen yang baik, kita juga sebaiknya menghargai para peritel yang menerapkan kebijakan ini. Jadi, nanti jika di kasir diminta bayar kantong plastik, jangan langsung mencak-mencak. Ini juga dilakukan demi kemaslahatan umat dan kelestarian lingkungan juga lho.

Terakhir. Mari bantu kampanye pengurangan kantong plastik ini lewat sosmed atau lewat media mana saja. Semoga masa depan lingkungan kita semakin baik.   

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.