Rabu, 26 Desember 2012

PESTA RAKYAT (KAMPUNG HALAMAN)

Perayaan. Festival. Arak-arakan. Ya, suatu kegiatan yang banyak mengundang orang sehingga dengan rela akan berbondong-bondong menontonnya. Baru-baru ini, Karang Taruna Cahyaning Amertha, Desa Panggungharjo, mengadakan arak-arakan yang dinamakan "Pesta Rakyat dan Kirab Budaya". Melestarikan budaya bangsa, mencoba menjaganya agar tidak terlalu cepat punah.


Diawali dengan "Lomba Dolanan Anak" pada pagi hari, 23 Desember 2012, di Lapangan Patmasuri, riuh ramai anak-anak memainkan permainan gatheng, egrang, dan bakiak.  Gatheng, permainan mirip bola bekel, tapi menggunakan batu kecil sebagai alat permainannya. Banyak anak yang kurang familiar dengan permainan ini, ada juga yang sangat lihai memainkannya. Bakiak, sering dilombakan juga biasanya kalau pas 17-an, melatih kerjasama tim, berlomba untuk menjadi yang tercepat dan terkompak. Egrang, yang ini pasti sangat familiar, permainan menggunakan bambu atau galah panjang yang dipasangi pijakan beberapa puluh centimeter dari bawah, melatih keseimbangan. Susah juga lho memainkan egrang, salah-salah kita bisa terjungkal sampai tengkurap saking susahnya.

Kirab Budaya diadakan siang hari, diikuti oleh 14 partisipan yang berasal dari berbagai dusun yang ada di wilayah Desa/ Kelurahan Panggungharjo. Sebelum start, di depan gedung rektorat Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, masing-masing tim unjuk kebolehan dalam berkesenian. Macam-macam seni. Ada tari-tarian, teater rakyat, marching band,  jathilan, permainan tradisional, dan sebagainya. Dari situ, semakin terasa betapa kayanya Indonesia, tidak cuma alamnya saja yang wonderfull, kebudayaannya juga mengagumkan. Itu baru di kampung halamanku saja, bagaimana kalau kebudayaan di seluruh kepulauan nusantara ini ditampilkan? Pasti amazing. Very extraordinary culture among the world.

Ramayana Ballet. Sebelum start :)

Gunungan Mainan. Mainan tradisional (wayang, othok2, kipas kertas, payung kertas,  kincir) yang dijadikan gunungan. Dari kampung penghasil mainan tradisional, Dusun Pandes

Salah satu adegan teater. Pribumi vs Kompeni

Jathilan. Salah satu kesenian khas yang masih terjaga sampai sekarang di Dusun Pandes

penjathil cilik

ada juga pertunjukkan ular naga dari Dusun Krapyak Wetan, dusunnya para santri :)

Salah satu tim yang mengusung tema Sego Segawe (Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe)

wainii, kusir gerobagnya lihai mengatur jalannya si sapi lhoo...

Rewo-rewo. Dari kampungku, Pelemsewu.

Kebudayaan adalah jati diri bangsa (Dusun Dongkelan)

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.