Rabu, 19 Oktober 2011

MITOS

Kalo kamu nyapu tapi nggak bersih, ntar suamimu brewokan loh...

Kalo kamu makan di depan pintu ntar diculik gendruwo...

Kalo kamu makan nggak abis ayammu entar mati... (*emang aku punya ayam??)

Kalo begini nanti begitu looh...

Itu mitos. Nggak salah sih. Di balik "keanehan" di mitos-mitos itu, ada manfaatnya juga. Biar nyapunya bersih, biar makan di tempatnya (makan di depan pintu rawan ketabrak), biar menghargai makanan yang udah dikasih Allah buat kita. Anak kecil biasanya percaya sama mitos-mitos itu. Aku dulu juga begitu. Haha. Polos banget sih ya aku? :p

Sumber gambar: kaskuzerz.blogspot.com

Lain lagi ceritanya ketika aku sudah SMA. Sebuah SMA bekas rumah sakit di pinggiran kota Yogyakarta. Katanya dulu sering ada suster ngesot, tulang belulang di kamar mandi, musola yang bekas kamar mayat, sering ada yang ngaminin kalo lagi sholat sendirian, pocong, kuntilanak, tuyul, kayaknya kumpulan hantu-hantu Indonesia ada deh di situ -________-". Pernah juga sekolahku itu masuk UKA-UKA, reality show horor yang dulu tayang di salah satu stasiun TV. Horor banget ya kayaknya? Ya, dari cerita orang-orang kayaknya emang horor sih. Tapi aku sendiri belum pernah ngalamin kejadian horor selama 3 tahun sekolah di sana. Malam demi malam yang aku lalui, mulai dari MABIT (malam bina iman dan takwa), pesantren kilat, pelantikan pleton inti, persiapan acara OSIS malem-malem, de el el, de es be, semua menyenangkan tanpa ada si 'dia' yang gangguin kita di sekolah.

Di balik 'ancaman' hororisme itu, ternyata ada sebuah mitos yang 'dipercayai' secara turun temurun. Entah percaya entah enggak. Mitos itu dipercaya sampe sekarang. Kemarin pas aku ngajar di SMA, sempet cerita-cerita dulu sama adek-adek...

A (adek)    : mbak, tahu kalo sekolah kita punya mitos nggak?
M (Marul) : mitos apaan?
A               : mitos taun ganjil ma mitos taun genap?
M              : Ooooh, masih ada juga sampai sekarang tuh mitosnya?
A               : emang mitos apa coba, mBak?
M              : kalo taun ganjil ada siswa yang hamil, kalo taun genap ada siswa yang meninggal

Sereem sih tuh mitosnya. Maksudnya tahun ganjil dan tahun genap itu angkatan lulusnya. Misal, aku lulus tahun 2008 (genap), maka ada yang meninggal pas tahun itu. Hahahaha. Nggak tahu juga sih. Tapi itu bener-bener kejadian. Angkatanku ada yang meninggal satu, kena vertigo atau kanker sih kalo nggak salah. Angkatan atasku ada yang hamil. Tuh kata si adek angkatan yang masih sekolah di SMA 'itu' bilangnya juga begitu. "Dua tahun lalu ada yang hamil, trus tahun berikutnya ada yang meninggal...."

Itu mitos. Mau percaya? Mau enggak? Whatever. Aku cuma pengen cerita. Hohoho.

Eh, tapi ternyata nggak cuma sekolahku yang punya mitos kayak begitu. Dulu kakakku juga pernah cerita soal mitos di SMA tempat dia kerja. Blog temenku si Yandi, dalam serial MILF-nya juga bilang begitu, ada mitos di SMA-nya. Tapi aku lupa mitosnya apaan. Hmm, kali aja temen-temen blogger juga punya cerita yang sama... Bisa dishare tuh.... :P

Related Articles

11 komentar:

  1. Di kampungku ada RT:13, Kepala keluarganya ada 13 (rumah) dari dulu ampe skrg ga pernah tambah. Kalo ada penduduk baru 1, pasti ada yang pindah atau meninggal 1. Ntah itu kebetulan atau takdir ya? Hehe

    BalasHapus
  2. Mitosnya serem ey di -____-

    lagi sensitif sama yang namanya mitos mbak :D

    BalasHapus
  3. tapi mitos kayak gitu gak boleh loh mbak diremehin... biasanya sih banyak benernya juga. 70 % lah keakuratannya. huaahahhaha

    BalasHapus
  4. Mitos bisa jadi sugesti ya...
    Jangan makan....
    Jangan duduk....

    itu semua pesan orang tua secara tidak langsung.
    yang lucu lagi ada istilah "ujan ketek ngilo/Hujan Monyet Bercermin" ada yg ngartiin klo hujan sebentar ibarat monyet yg lagi bercermin, karena tau wajahnya jelek jadi sebentar bercerminnya.

    BalasHapus
  5. @mb tarry: waw, unik itu mitosny mbak, baru denger ini.. :D

    @uchank: serem2 gimana gitu sih ya... tapi tetep harus main logika.. hehe

    @nuell: wah, 30%nya gak akurat dong. wkwk. Belum bisa dibuktikan secara ilmiah tu berarti XD

    @baha andes: iya mass. Hoho, istilah buat ujan gerimis ternyata beda2 ya? di tempatku namanya bukan "hujan kethek", tapi "hujan tekek". Di tempat temenku lain lagi namanya, tapi pada umunya tetep pake nama hewan di belakang kata "hujan". hoho

    BalasHapus
  6. hmmm,,, sekolah kita tercinta, SMA N 7 YOGYAKARTA,, jadi kangen jogja aku rul,, hehehe :)

    BalasHapus
  7. @tiya: haduh, nyebut merk :3 wkwkwk. Iyaa tiii, ayo kapan k jogja lagiii... :D

    BalasHapus
  8. aku sih percaya kalau mitos itu dibuat untuk membuat orang waspada. dan kalau sampai kejadian itu cuma kebetulan. aku sejak kecil dilarang percaya mitos. hati2 boleh, tapi kalau takut melakukan sesuatu alasannya harus logis. misal: gak boleh gunting kuku malam2 ya karena takut kegunting aja kulitnya krn dalam keadaan ngantuk. tapi kalau lg seger buger ya ga apa2, jangan takut ntar bakal "apa2" :)
    itu mitos di sekolahmu serem banget ya. sampai hamil atau meninggal segala, hehehe. tapi yakin deh itu cuma kebetulan, sudah maunya Tuhan, DIA tahu yg terbaik :)

    BalasHapus
  9. mitos yang paling menakutkan jika saya mimpi giginya rontok itu pertanda akan adanya musibah buat keluarga kita, setelah saya mengalami hal tsb setidaknya ada banyak kebenaranya padahal saya berusaha ga percaya sma mitos.

    BalasHapus
  10. mitos kalau dipercaya bakalan jadi sugesti, sugesti akanjadi kenyataan :D

    BalasHapus
  11. @kak indi: semua sudah digariskan kak :) mau kejadian atau enggak kalau udah "ditulis" kayak begitu. Terjadilah seperti itu :D

    @yayack: saya juga pernah mimpi gigi rontok semua. Bangun2 rasanya ngilu. Alhamdulillah g kejadian apa2 abis itu. Mungkin bener kata daka. Sugesti bisa jadi pemicu sesuatu untuk terjadi...

    @daka:apalagi terlalu banyak orang yang berperan dalam proses pembentukan sugesti itu...

    BalasHapus

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.