Rabu, 19 Oktober 2011

MITOS

Kalo kamu nyapu tapi nggak bersih, ntar suamimu brewokan loh...

Kalo kamu makan di depan pintu ntar diculik gendruwo...

Kalo kamu makan nggak abis ayammu entar mati... (*emang aku punya ayam??)

Kalo begini nanti begitu looh...

Itu mitos. Nggak salah sih. Di balik "keanehan" di mitos-mitos itu, ada manfaatnya juga. Biar nyapunya bersih, biar makan di tempatnya (makan di depan pintu rawan ketabrak), biar menghargai makanan yang udah dikasih Allah buat kita. Anak kecil biasanya percaya sama mitos-mitos itu. Aku dulu juga begitu. Haha. Polos banget sih ya aku? :p

Sumber gambar: kaskuzerz.blogspot.com

Lain lagi ceritanya ketika aku sudah SMA. Sebuah SMA bekas rumah sakit di pinggiran kota Yogyakarta. Katanya dulu sering ada suster ngesot, tulang belulang di kamar mandi, musola yang bekas kamar mayat, sering ada yang ngaminin kalo lagi sholat sendirian, pocong, kuntilanak, tuyul, kayaknya kumpulan hantu-hantu Indonesia ada deh di situ -________-". Pernah juga sekolahku itu masuk UKA-UKA, reality show horor yang dulu tayang di salah satu stasiun TV. Horor banget ya kayaknya? Ya, dari cerita orang-orang kayaknya emang horor sih. Tapi aku sendiri belum pernah ngalamin kejadian horor selama 3 tahun sekolah di sana. Malam demi malam yang aku lalui, mulai dari MABIT (malam bina iman dan takwa), pesantren kilat, pelantikan pleton inti, persiapan acara OSIS malem-malem, de el el, de es be, semua menyenangkan tanpa ada si 'dia' yang gangguin kita di sekolah.

Di balik 'ancaman' hororisme itu, ternyata ada sebuah mitos yang 'dipercayai' secara turun temurun. Entah percaya entah enggak. Mitos itu dipercaya sampe sekarang. Kemarin pas aku ngajar di SMA, sempet cerita-cerita dulu sama adek-adek...

A (adek)    : mbak, tahu kalo sekolah kita punya mitos nggak?
M (Marul) : mitos apaan?
A               : mitos taun ganjil ma mitos taun genap?
M              : Ooooh, masih ada juga sampai sekarang tuh mitosnya?
A               : emang mitos apa coba, mBak?
M              : kalo taun ganjil ada siswa yang hamil, kalo taun genap ada siswa yang meninggal

Sereem sih tuh mitosnya. Maksudnya tahun ganjil dan tahun genap itu angkatan lulusnya. Misal, aku lulus tahun 2008 (genap), maka ada yang meninggal pas tahun itu. Hahahaha. Nggak tahu juga sih. Tapi itu bener-bener kejadian. Angkatanku ada yang meninggal satu, kena vertigo atau kanker sih kalo nggak salah. Angkatan atasku ada yang hamil. Tuh kata si adek angkatan yang masih sekolah di SMA 'itu' bilangnya juga begitu. "Dua tahun lalu ada yang hamil, trus tahun berikutnya ada yang meninggal...."

Itu mitos. Mau percaya? Mau enggak? Whatever. Aku cuma pengen cerita. Hohoho.

Eh, tapi ternyata nggak cuma sekolahku yang punya mitos kayak begitu. Dulu kakakku juga pernah cerita soal mitos di SMA tempat dia kerja. Blog temenku si Yandi, dalam serial MILF-nya juga bilang begitu, ada mitos di SMA-nya. Tapi aku lupa mitosnya apaan. Hmm, kali aja temen-temen blogger juga punya cerita yang sama... Bisa dishare tuh.... :P

Senin, 17 Oktober 2011

KATAI PUTIH


23 Februari 1990
Wanita berparas ayu itu tersenggal-senggal. Lelah, itu pasti. Tapi rasa lelah itu terbayar lunas setelah dia mendengar tangis bayi tampan itu. Bayi pertamanya. Prada Bumi Perdana. Seperti bumi yang bersedia menjadi tempat tinggal setiap makhluk-Nya. Anak pertama yang diharapkan ikhlas menerima apa saja yang dikaruniakan untuk dirinya.
Di belahan kota lain, pada jam yang sama, seorang lelaki jangkung yang telah  memasuki usia kepala empat tampak mondar mandir gelisah. Sekali-sekali tangannya dikepalkan dan diremas-remas untuk mengurangi efek gelisah di dalam dadanya. Satu jam sudah dia mondar-mandir, tak berani masuk ke dalam. Setelah keringat dingin mulai menguap sedikit demi sedikit, diberanikan dirinya masuk ke ruangan itu, menenangkan wanita yang sangat dia sayangi . Wanita yang telah memberikan dua buah hati untuknya. Dan inilah yang ketiga. Seorang putri cantik yang dititipkan untuk mereka, Cahya Alia Putri. Seorang wanita lembut yang diharapkan mampu menerangi dirinya sendiri dan membagi sinar untuk sekelilingnya.
William Shakespeare bilang,”Apalah arti sebuah nama?” Tapi orang tua Prada dan Alia yakin, nama adalah doa…

Rabu, 05 Oktober 2011

SAYA dan TUKANG BENSIN

Kebetulan kuliahku semester ini lebih sering dapet jatah pagi-pagi buta. Hm, sebenarnya nggak pagi-pagi buta banget sih. Pengen lebay aja =p

Dan bisa dipastikan kalau aku masuk kuliah jam 7, maka aku akan telat. Jika tidak telat, maka konklusinya aku lagi kesambet malaikat. Begitupun dengan dua hari yang lalu. Sudah tahu aku sering telat, nggak nyadar pula kalau pagi itu bensinku udah limit hampir sekarat. Motorku nggak bakal bisa nyampe POM bensin terdekat. Bensin eceran murni di deket rumah yang hitungan harganya tergolong murah dibanding bensin eceran di tempat lain pun juga tutup. Howaa, oke deh, terpaksa nyeberang ring road selatan.

 Oke deh. Biasa aja. Seperti gaya pembeli bensin lainnya, aku buka jok si Item nan aduhai, membuka tutup tangkinya yang sudah menyerupai tutup botol karatan, kemudian memanggil mas-mas penjual bensin yang lagi ngobrol sama penjual warung sebelahnya.


Aku : Mas bensin 1 aja...
MB  : oke mbak. Kuliah ya mbak?
Aku  : he'eh mas...
MB  : kuliah di mana mbak?
Aku  : hemm. Deket Sardjito iku lho mas...
MB  : Walah. nggaya..
Aku  : Kok iso?
MB  : Ambil apa?
Aku  : Geografi mas..
MB  : Wah, enak ya, bisa kuliah (*sambil menuangkan bensin ke dalam tangki, pandangannya menunduk dalam, seakan mau bilang : Aku yo pengen banget kuliah, mbak! Tapi nggak bisa, jadi aku jualan bensin aja.)
Aku  : hmm, alhamdulillah yah mas aku bisa kuliah...


Aku menyodorkan selembar lima ribuan pada mas itu, "Moga banyak rejeki ya, mas..."


Aku diingatkan lagi. Aku itu lebih beruntung. Kalau aku malas dan nggak bisa memanfaatkan keberuntunganku itu, berarti sama halnya aku menindas orang-orang kurang beruntung seperti mas-mas penjual bensin itu....

Selasa, 04 Oktober 2011

STAY ON THE LINE THAT YOU HAVE MADE


Ketika Tuhan berkehendak, apa yang dapat kita lakukan?
Stay on the line that You have made 
Kalau kata status seorang teman (bli Wayan), "jalan lurus ae....tengok kanan kiri bisa bwt macet.."
Tak peduli apakah itu lurus, apakah itu berbelok, yang penting aku masih bisa melihat garis itu. Garis yang memanduku untuk bisa lebih baik lagi.
Stay on the line that You have made
 Seorang teman lain (Erna) bilang: "berada pada suatu kondisi dimana bisa tersenyum, menangis dan tertawa lepaaaaaaaaaaas......" Yeah, kita bisa berada dalam satu kondisi di mana ada beragam ekspresi di dalamnya.
 
Stay on the line that You have made
 
Aku bisa! Aku mampu! Aku pasti berhasil!
Sugesti. Keberanian. Senyum. Semangat. Doa. Usaha. Mimpi. Kenyataan. Kebaikan. Kekuatan.


@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.