Jumat, 03 Juni 2011

DIENG, Dataran Tinggi Itu...

Kompleks Gunungapi Dieng lagi bergolak euy!! Statusnya jadi SIAGA. Hww, setelah kemarin dulu gunungapi Merapi, Bromo, sekarang giliran Dieng yang beraksi. "Panen Bencana", mungkin itu yang dipanen Indonesia akhir-akhir ini. Apa yang terjadi hari ini, bisa diprediksi dari masa lalu. Masa kini, bisa digunakan untuk tahu apa yang terjadi di masa lalu. "The Present Is The Key to The Past".

salah satu view-nya Dieng (Wonosobo) --> kentang dimana-mana


Inget Dieng, inget setahun lalu, waktu asyik-asyiknya kuliah lapangan. Apa yang aku rasakan saat menginjakkan kakiku di kawasan dataran tinggi yang satu itu?? Takjub! Takjub! Takjub! Dingin! Dingin! Dingin! Beneran, dingiiin. Dimana-mana ladang sayur. Bayangpun! Sampai radius +/- satu/dua kilometer dari Kawah Sikidang, bener-bener semuanya ditutupi sama ladang sayur (esp. tanaman kentang). Mungkin itu juga alasannya kenapa Pak Sudibyakto mengatakan bahwa Dieng adalah "Dying Dieng". Kenapa? Karena telah terjadi degradasi lingkungan yang 'teramat sangat' seriuss. Kalo mau tahu betapa seriusnya masalah yang ada di sana, bisa baca tulisannya Pak Sudibyakto di Kedaulatan Rakyat.

latar belakang: Kawah Sikidang (salah satu kawahnya Dieng)


Waktu di sana, aku juga sempat nonton film dokumenternya Tragedi Gas Beracun Kawah Sinila Dieng tahun 1979. Wow, ngeri juga. Rasanya, kayak pertama kali nonton film Krakatoa. Unbelievable (nb: baru benar-benar bisa membayangkan secara nyata efek letusan Krakatoa saat gunungapi Merapi mengalami erupsi tahun 2010 lalu). Dan sekarang? Apa harus terjadi kesalahan yang sama kayak Merapi kemarin? Semoga tidak.... #hope

Erupsi gunungapi Dieng tidak sama seperti gunungapi lainnya di Indonesia. Kalo Bromo dan Merapi ngeluarin abu vulkanik, gunungapi yang satu ini ngeluarin Gas CO dan CO2. Nggak berasa, nggak berwarna, nggak berbau, nggak bisa diantisipasi pake masker ijo yang biasa dipake paramedis. Sekali kena, matilah kau!! Jadi, waspada lebih baik daripada terlanjur tewas sia-sia. Uraian tentang Dieng bisa dilihat di Dongeng Geologi niii... Dijamin, bakal nambah pengetahuan kita tentang Dieng.

Satu lagi pesona Dieng : Telaga Warna


Kenalilah lingkunganmu, kenalilah negaramu, rencanakan yang terbaik untuk manusia tanpa mengurangi hak sang planet untuk sekedar bernafas. 

**Indonesia, a country with the ring of fire**

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.