Selasa, 18 Januari 2011

SAYA SEHAT? ITU BERKAT BANTUAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS



Judul Buku
Geomedicine, Can Geographic Information Make Me Healthy?
Pengarang
Bill Davenhall
Penerbit
ESRI
Jumlah halaman
32 halaman (bahasa Inggris)

“Every place I have ever lived and will live is part of my medical history”

Bagaimana bisa sistem informasi geografi membuat kita sehat? Bagaimana caranya? Jawabannya: bisa! Coba saja baca buku satu ini. Judulnya “Geomedicine: Can Geographic Information Make Me Healthy?” Buku besutan Bill Davenhall ini mampu menjelaskan kaitan antara lingkungan dan kondisi geografi dengan kesehatan yang disebut geomedicine. Geomedicine memerlukan alat untuk memaksimalkan analisis menggunakan sistem informasi geografi.

Kebanyakan orang yang merasa sakit sering heran kenapa mereka tak kunjung sembuh padahal berbagai upaya telah dilakukan. Diet ketat, kontrol rutin, konsultasi dokter. Sayangnya satu yang sering dilupakan: kondisi lingkungan! Air yang diminum, udara yang dihirup, dan tempat dimana kita hidup. Percuma jika perawatan mahal dilakukan dan diet diperketat namun pasien tetap berada di lingkungan yang buruk. Dokter Ethan Berke, seorang paramedis, mengatakan kalau itu adalah sesuatu yang percuma dilakukan. Tak ayal jika kita perlu informasi mengenai lingkungan mana yang dapat memperburuk kesehatan, lingkungan mana yang sebaiknya tidak ditempati oleh penderita kanker, atau lingkungan mana yang rentan terjadi serangan jantung tiba-tiba.

Memetakan kesehatan atau persebaran penyakit mampu memberikan pemahaman terhadap publik atau masyarakat tentang kondisi tempat tinggal mereka. New York State Health Department telah membuktikannya dengan Peta Persebaran Penyakit Kanker yang dipajang di situs resmi kepunyaan National Cancer Institute. Data yang dihasilkan mempunyai kekuatan untuk menjelaskan secara sederhana namun detail, dimana saja virus HPV (Human Papilloma Virus) terdeteksi. Sistem ini mampu menjelaskan pola-pola dan tentu saja kondisi lingkungan yang ternyata memang berpengaruh terhadap persebaran penyakit kanker. Tak hanya itu saja, salah satu ulasan dalam buku ini juga menggambarkan bagaimana pola pengaruh reaksi nuklir akibat ledakan yang terjadi di kawasan Belarusia yang ujung-ujungnya berpengaruh terhadap munculnya kanker thyroid yang menyerang masyarakat.

SIG mampu menjadi sebuah early warnings system bagi kesehatan lingkungan yang meminta untuk dieksplorasi lebih lanjut. Bukan mengobati, tetapi mencegah untuk meminimalisir kemungkinan terburuk. Geomedicine sangat potensial untuk menjawab “apa” terjadi “di mana” dan “kapan”. Paramedis pun juga semakin mampu melihat faktor “penyebab pengganggu kesehatan yang masih tersembunyi” secara lebih menyeluruh dengan teknologi yang ditawarkan geomedicine.

Penulis yang bekerja di bidang kesehatan dan pelayanan masyarakat ini mampu mengungkapkan geomedicine dengan bahasa yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami. Visualisasi peta yang dipajang mampu menjelaskan secara gamblang setiap ulasan yang diberikan.
Tertarik dengan pengenalan teknologi geomedicine? Dapatkan secara cuma-cuma e-booknya di

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.