Jumat, 11 Juli 2008

PERJUANGAN

Belum satu bulan lulus SMA. Dan tampaknya aku lagi pengen menuliskan hal ini.
Aku ingat saat-saat kelas XII datang di depan mata. Dalam hati aku mikir, “Wah, harus kerja ekstra keras nih!”. Ya, gimana enggak? Aku udah merasa menyia-nyiakan dua tahun masa SMA-ku yang seharusnya kugunakan untuk belajar sebaik-baiknya. Dan setelah masa santaiku itu, aku harus menghadapi ketidakmampuan diriku sendiri, menghadapi kelulusan yang hanya ditentukan oleh tiga hari itu. Hiks… [T.T]
Tapi,tapi,tapi…
Setelah beberapa bulan terlewati di semester pertama kelas XII, ternyata aku masih belum melakukan apa-apa. Belajar nggak maksimal, meremehkan ulangan-ulangan yang ada, nyontek? Okelah, masih nggak papa. (Wadow, kalo kayak gitu terus, kapan diriku bisa berkembang ke arah lebih baeg ya?)
Dan tiga bulan sebelum ujian nasional…
Wuua!!! hiks…tiga kali latihan UNAS, tak pernah sekalipun aku lulus. Setelah mengalami itu semua, pikiran-pikiran nggak karuan mulai berkecamuk di dalam kepalaku. Aku harus gini, aku harus gitu, aku nggak boleh gini lagi, nggak boleh gitu lagi… Pusing!!!
Aneh juga. Dulu sih, aku nggak bakal mikir terlalu jauh dan terkesan santai aja menjalani semua hal yang ada dalam hidup ini (halah). Tapi yah,namanya manusia, pasti akan berubah. Dan mungkin aku sedang berubah, untuk tidak terlalu meremehkan sesuatu. Yeah, that’s life!!!
Kemudian, akhirnya aku bisa bekerja keras (menurut ukuranku lho!). Ngikud les, rela pulang malam, rela nggak maen sering-sering, berusaha memahami yang harus dipahami – walopun otakku sering menolak untuk memahami, tapi aku maksa-- , de el el. Pokoknya melakukan hal-hal yang sama dengan teman-temanku yang laen. Mm, akhirnya juga, itu nggak sia-sia buat aku. Baru nyadar deh, kalau semuanya dilakukan dengan sungguh-sungguh, bakal ada jalan dan bakal ada kebaikan yang mengikuti.
Yah, salahku juga sih, dahulu kala aku terlalu bersantai. Dahulu kala, aku terlalu menggampangkan sesuatu. Tapi hidup kan perjuangan. Dan akhir-akhir ini saja, aku baru tahu apa itu perjuangan.
Perjuangan nggak harus di medan perang. Perjuangan nggak harus karena cinta. Tapi perjuangan adalah niat ikhlas dari dalam diri untuk menjadi dan mendapatkan yang lebih baik dari sebelumnya. Perjuangan terberat bukanlah melawan orang laen, tapi saat diriku melawan keegoisan dan self-evil, setan dalam diri. Buat diriku, buat kamu, buat semuanya, AYO KITA BERJUANG!!! (_roeL)

Related Articles

@putrimaru. Diberdayakan oleh Blogger.